Contact Form

 

Tanda Kanker Serviks dan Pengobatannya


Apa sih Kanker Serviks Itu?
Kanker serviks adalah kanker pada mulut rahim, yaitu penghubung antara vagina dan rahim atau pintu masuk ke dalam rahim. Kanker ini merupakan yang terbanyak menyerang wanita bersama kanker payudara sehingga cukup dikhawatirkan dan menjadi momok bagi para wanita. Juga termasuk kanker yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia.
Penyebab kanker serviks ini adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV) terutama tipe 16 dan 18. Ketika daya tahan tubuh menurun dan waktu penyebaran yang tepat serta mendukung virus untuk menginfeksi, maka tubuh bisa terserang virus ini.
Selain itu, pola hidup yang tidak baik, juga mendukung penyebaran virus misalnya:
Sering berganti pasangan seks bebasSering melakukan seks tidak normal misalnya anal dan oral seksAlkohol dan merokok yang membuat daya tahan tubuh menurun
Beberapa gejala kanker servis yang jika muncul sebaiknya anda segera memeriksakan:
Sering merasa sakit atau terjadi perdarahan ringan ketika berhubungan IntimSering merasa nyeri di daerah pinggulNyeri saat menstruasi yang tidak biasanyaSering merasa nyeri saat buang air kecilSering terkena keputihan
Untuk diagnosa awal kanker serviks bisa menggunakan tes skrining Pap smear. Bagi wanita dengan faktor resiko tinggi kanker ini sebaiknya melakukan tes skrining ini, misalnya wanita pekerja seks komersial. Untuk diagnosa pastinya perlu biopsi kanker untuk melihat apakah sel-sel tersebut benar-benar sel kanker.
Para wanita tidak perlu terlalu khawatir karena ada vaksin untuk mencegah infeksi virus penyebab kanker serviks ini. Yaitu vaksin HPV dengan tujuan utam wanita usia produktif berumur 9 sampai 26 tahun. Vaksin ini bisa mencegah terjadinya infeksi HPV dan mengurangi kejadian kanker serviks. Vaksin ini sudah tersedia di beberapa center pengobatan dan memang belum tersedia luas di berbagai layanan kesehatan.
Pengobatan kanker Serviks ini tergantung pada stadiumnya. Memang operasi bedah adalah pengobatan terbaik untuk kanker. Operasi juga ada tingkatannya ada yang diangkat sebagian organ rahim saja dan ada yang seluruh rahimnya yang diangkat. Tergantung derajat dan apakah pasien masih ingin mempertahankan kesuburan atau tidak.
Untuk lebih berhati-hati jika anda mengalami beberapa gejala terkait kanker serviks, sebaiknya segera periksakan diri karena lebih cepat dideteksi lebih baik.
Demikian semoga bermanfaat

Disusun oleh dr. Raehanul Bahraen (pengasuh kesehatan www.konsultasisyariah.com)
artikel www.konsultasisyariah.com

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply